-->

Era digital semua serba pakai internet terutama google. Cari tahu tutorial, berita, hingga alamat bisa dilakukan dengan mudah. Browser adalah pintu ketika kita hendak berselancar di dunia maya via notebook. Apa jadinya jika setiap kali kita memasukkan kata kunci ke dalam browser, yang muncul adalah halaman yang tak kita inginkan? Pasti kesal dong ya. Terlebih jika terpampang sederet link iklan yang salah-salah kita klik akan berujung pada virus dan jebakan lainnya. Beberapa wkatu ini tiba-tiba ketika saya mengetik suatu kata kunci di browser yang keluar adalah laman google custom search engine. Saya lupa pernah melakukan apa saja di notebook ini sebab sangat jarang dipakai. Bagaimana saya mengembalikan ke kondisi normal?


Google Custom Search Engine itu apa?

Gara-gara maslah ini, saya jadi tahu apa itu google search engine. Intinya, CSE adalah search engine yang diprogram untuk sebuah situs atau blog. Jadi, ini adalah salah satu cara SEO atau serach engine optimation yang dapat meningkatkan traffic  ke blog. Kapan saya memasang? Atau saya melakukan klik terhadap sebuah link tertentu? Entahlah, tiba-tiba saja jadi begini. Saya saja baru tahu ada SEO trick macam ini sata terjadi masalah. Dengan dipasangnya CSE pada blog maka pengunjung blog kita akan langsung berasal dari pencarian google alias tamu-tamu organik.

Di saat banyak sekali tulisan yang membahas cara memasang google custom search engine di blog, yang saya lakukan malah mencopot CSE dari browser. Kenapa? Sebel ah, masa kalau browsing jadi munculnya ke halaman CSE yang kurang enak dilihat mata.


Browsing sana- sini

Yang pertama kali saya lakukan adalah browsing dari smartphone. Iya, syukurlah browser di smartphone dan PC antor tidak terkena cse ini meski menggunakan akun google yang sama. Jadi intinya, cse hanya mengenai device saja dan berkaitan dengan setting pada device tersebut. Hasil browsing nihil, saya malah bingung.

Membuat status facebook

Status facebook saya luncurkan dan setelah beberapa hari tidak ada respon yang masuk. Hanya like saja, heuheu kasihan. Apakah tidak ada yang pernah mengalami?


Cari tutorial di youtube

Setelah hampir seminggu, akhirnya saya mencari tutorial di youtube. Yey...ada banyak nih. Tapi, ketika mencoba salah stau tutorial yang viewernya puluhan ribu saya malah bingung. Pencarian berlanjut ke tutorial-tutorial selanjutnya. Dan akhirnya, saya menemukan cara sangat mudah untuk menghilangkan custom search engine google pada browser.

Inilah cara ala Inayah

1| buka browser google kamu
2| klik kotak di sebelah kanan atas
3| klik setting (posisinya ada di sebelah bawah)
4| klik show advance setting (posisi di sebelah bawah dan berwarna biru)
5| di bagian network, klik change proxy setting
6| klik LAN setting (posisi di sebelah bawah, berbentuk kotak)
7| uncheck bagian “use a proxy server for your LAN”
8| klik OK
9| klik OK
10| SELESAI

Agar lebih mudah memahaminya, saya sudah membuat video tutorial berbahasa Indonesia. Jangan panik ketika kamu browsing dan meluncur ke laman tak terduga cse. Tak perlu pula uninstal browser, sebab itu tidak akan memberikan efek. Yang kamu lakukan cuma duduk santai saja dan ikuti langkah-langkah di atas. Awas ya, jarimu...kadang bisa jadi harimaumu. Jangan asal klik saat sedang browsing.