-->

Cara memperbaiki printer epson L120 paper jam rasanya perlu kita ketahui, karena paper jam memang salah satu masalah yang sering dialami oleh printer. Paper jam terjadi saat kertas mengalami kemacetan atau berhenti saat proses print sedang berlangsung atau bisa juga kertas menyangkut di printer. Tentu saja ini saat mengganggu apalagi jika kita sedang terburu-buru karena harus mengumpulkan tugas atau semacamnya. Paper jam biasanya terjadi karena kertas yang digunakan tidak sesuai dengan spesifikasi printer, kertas terlalu menempel atau bisa karena kondisi kertas yang kurang baik. Berbeda tipe printer, berbeda pula servicenya.

Untuk cara memperbaiki printer epson L120 paper jam, pertama kita harus mengeluarkan kertas yang menyangkut terlebih dahulu. Saat mengeluarkan kertas, tarik secara perlahan dan jangan menggunakan benda tajam. Jika setelah ditekan tombol ‘resume’ masih macet atau statusnya printer ‘not ready’, maka cabut kabel power printer untuk mereset ulang. Seharusnya printer sudah bisa dipakai kembali,namun jika masih belum bisa dipakai juga, maka lakukan pengaturan di komputernya. Caranya, buka control panel, pilih performance and maintence lalu administrasi tools dan pilih service. Item print spooler diklik dan untuk mematikan proses klik ‘stop’. Lakukan refresh icon printer yang ada di toolbar kanan bawah. Setelah itu klik start, printer and fax. Print spooler pada services yang tadi di stop kembali dijalankan dengan klik tombol ‘start’ sehingga printer siap untuk dipakai.

Cara diatas cukup mudah dilakukan yang terpenting jangan menarik paksa kertas keluar karena bisa menyebabkan printer semakin rusak. Jika printer masih belum bisa dipakai juga, periksa tempat kertas karena kemungkinan masih ada potongan kertas yang tertinggal atau bisa juga karena ada benda yang tertinggal dilubang kertas atau roller. Karena itulah, untuk menghindari masalah jam paper ini, pasang dengan benar kertas pada printer dan usahakan menggunakan printer yang masih bagus dan belum terlipat. Demikian penjelas penulis tentang memperbaiki paper jam pada printer Epson L120. Semoga tulisan ini dapat bermafaat bagi pembaca dan pembaca dapat menerapkannya untuk cara memperbaiki printer epson L120 paper jam