-->

Cara memperbaiki printer epson L120 mati total sebenarnya tidak berbeda jauh dengan tipe printer epson yang lainnya. Pertama, kita harus mengetahui terlebih dahulu penyebab kerusakan printer sehingga bisa terjadi mati total. Penyebab printer bisa sampai mati total bisa disebabkan oleh apa saja. Penyebab yang paling umum kenapa printer ini mati total adalah karena karena adaptornya rusak dan bisa juga dikarenakan kerusakan mainboardnya. Pada mainboard ini terdapat dioda, resistor dan IC power. Kemungkinan kerusakan pada resisitor adalah 80% dan IC 10%. Resisitor bisa menyebabkan komputer rusak yang bisanya dikarena yang sering menyebabkan rusak atau putus adalah resisitornya. Resisitor umumnya mudah terputus atau terbakar.



Untuk cara memperbaiki printer epson L120 mati total karena masalah diodanya adalah dengan menggantinya dengan dioda yang baru karena biasanya yang hangus adalah dioda kecilnya. Jika IC powernya yang bermasalah, maka tinggal mengangkat IC power terbut sehingga printer kembali hidup. Kerusakan yang lainnya bisa dikarenakan power supplynya yang dipengaruhi oleh terbakarnya print head yang diketahui dengan adanya bau gosong pada print head. Pemasangan print head yang sudah rusak pada mainboard yang normal juga dapat menyebabkan konslet sehingga mainboard printer akan mengalami kerusakan. Sebelum mengganti mainboard dengan yang baru harus melepaskan print head dan carriage unit. Carriage unti dilakukan jika print head terbakar atau kabel meleleh.



Untuk memperbaiki printer yang mati total ini sebenarnya sangat mudahkan? Hanya saja untuk memperbaikinya memang harus ahli dengan listrik karena bisa – bisa terjadi korsleting. Karena itulah sebisa mungkin kita harus menjaga printer kita agar  tidak mengalami kerusakan hingga mati total. Salah satu caranya adalah tidak menggunakan printer terlalu lama atau mematikan printer untuk beberapa saat karena dapat menyebabkan  printer cepat panas dan rusak. Demikian penjelasan penulis tentang cara memperbaiki printer epson L120 mati total. Semoga tulisan ini bisa menambah pengetahuan baru dan memberi manfaat bagi pembaca semua.