-->

Google Adsense Tips bisa anda temukan dalam ratusan bahkan ribuan halaman situs atau blog. Masing-masing tips dan trik bermain adsense memiliki keunikan tersendiri sesuai dengan pengalaman sipelakunya. Akan tetapi pada umumnya tips dan trik yang diberikan hampir sama yaitu untuk menghindari terjadinya pelanggaran term of service dari google adsense. Bermain adsense masih menjadi andalan untuk mencari uang secara online, terlebih bagi blogger yang telah memiliki pengalaman dalam mengelola blog untuk menghasilkan uang. Banyak juga yang membuat blog gratis untuk mendapatkan uang dari internet menggunakan blogspot atau membeli domain dan menyewa hosting murah. Semua itu dilakukan untuk mendapatkan uang secara online menggunakan google adsense. Ironisnya mereka berusaha keras bermain adsense tetapi tidak memperhatikan cara main adsense yang benar. Alhasil yang mereka dapat adalah kegagalan dan akun google adsensenya pun dibaned.


9 Google Adsense Tips Untuk Blogger Pemula

9 Google Adsense Tips untuk blogger pemula ini saya rangkum dari beberapa sumber, saya sampaikan dengan bahasa yang sederhana agar mudah untuk difahami dan dipraktekkan bagi anda yang baru bermain google adsense. Kesuksesan adsense anda hanya akan menjadi mimpi jika tidak memperhatikan aturan main. Hal-hal berikut ini adalah kegiatan yang dilarang dan tidak akan ditolerir oleh google jika blog anda digunakan untuk menampilkan iklan adsense. Dengan memperhatikan aturan main, menghindari hal-hal yang dapat melanggar term of service baik secara sengaja ataupun tidak sengaja akan memberikan peluang yang besar bagi kelangsungan hidup akun google adsense anda. Jika blog anda didesain untuk menampilkan iklan google adsense perhatikan hal-hal sebagai berikut.

1.Jangan Menggunakan Blackhat SEO

Hal paling mendasar yang perlu diperhatikan agar akun google adsense anda aman adalah memperhatikan larangan keras google yang berkenaan dengan search engine optimization (SEO). SEO perlu dilakukan agar konten anda dapat dibaca oleh search engine (search engine friendly) dan mendapat peluang yang bagus untu ditampilkan dihalaman hasil pencarian atau SERPs (search engine result pages ). Tehnik SEO yang dilarang oleh google adalah Black Hat SEO Technique. Teknik SEO ini berusaha memanipulasi algoritma search engine untuk menampilkan konten yang sebenarnya tidak atau kurang memiliki relevansi dari query yang diinput user.  Tehnik black SEO yang sering digunakan adalah :  
1. Cloaking - menampilkan dua versi webpage yang berbeda antara yang dilihat visitor dengan yang dilihat search engine crawler. Menggunakan berbagai methode yang dapat membedakan pengunjung situs. Jika pengunjung terdeteksi sebagai search engine bot maka akan ditampilkan halaman yang search engine friendly,/ search engine readable. Sebaliknya jika pengunjung bukan sebuah csearch engine crawler maka ditampilkan halaman web yang dikhususkan untuk visitor/ human readable. Apakah situs anda aman dari cloaking? coba cek menggunakan cloaking tools ini 

2. Keyword Stuffing menggunakan keyword secara berlebihan didalam halaman blog untuk meningkatkan keyword density yang dianggap sebagai salah satu variable yang digunakan search engine untuk menghitung relevansi. Dengan harapan agar iklan adsense yang ditampilkan memiliki kedekatan dengan konten sehingga peluang untuk mendapat klik menjadi lebih besar. 

3.Traffic Manipulation - Menggunakan berbagai methode untuk memanipulasi traffic, baik jumlah kunjungan maupun jumlah pageview. Manipulasi traffic ini dapat menggunakan jasa traffic exchange, menggunakan bot dan tools otomatis lainya yang bertujuan mengirim traffic kedalam situs yang dipasang iklan google adsense. 

4. Content Generator dan Duplicate Content menggunakan robot, article spinner dan tools lainya untuk membuat konten blog dengan meduplikasi konten dari halaman blog milik orang lain.

5.Methode lainya yang berupaya untuk memanipulasi algorithma search engine dan mengeskploitasi visitor agar mengklik iklan adsense.
Black hat seo techniques sangat tidak disukai oleh google adsense. Akan tetapi dalam beberapa kasus, black hat seo tactics masih banyak yang membutuhkan dan mencarinya. Hal ini dapat dibuktikan dari aktifnya ribuan member black hat seo forum semisal black hat world forum. Terkadang anda juga akan menemukan Black Hat SEO Software dalam forum tersebut.
Black Hat SEO you should avoid
Black Hat SEO

    2.Jangan Mengklik Iklan Adsense Sendiri

    Ini yang seringkali menjadi penyebab google adsense anda dibaned. Apapun kondisinya jangan pernah anda mengklik iklan adsense milik anda sendiri.Bahkan saat anda membuka situs anda menggunakan komputer dirumah, jaga anak-anak untuk tidak mengklik iklan adsense anda. Google sangat tidak mentolerir hal ini. Mungkin anda berfikir bahwa ini adalah cara termudah untuk memperoleh uang dari adsense dan google tidak mengetahuinya. Satu dua kali klik mungkin anda tidak akan melihat peringatan apapun dalam akun GA anda. Tetapi saat penghasilan adsense anda merangkak naik dari sen ke dollar, google akan memberikan perhatian khusus terhadap akun anda. Dan siap-siap saja mendapat peringatan yang berisi click fraud.

    3. Jangan Menyembunyikan Iklan Adsense

    Menyamarkan iklan adsense kedalam konten halaman menjadi cara yang populer untuk meningkatanclickthrough rate (CTR). Atau memperbesar peluang iklan adsense anda diklik pengunjung. Hal ini dilakukan dengan cara menyamakan warna background iklan dengan background halaman. Memilih jenis font adsense yang mirip dengan font yang digunakan dalam situs. Semuanya dilakukan untuk membuat iklan anda seolah-olah adalah bagian dari konten blog anda dan orang akan mengklik adsense anda. Cara lain adalah membuat dropdown menu yang menutupi sebagian atau seluruh area iklan. Sehingga saat user mengklik menu pada dropdown menu maka pointer mouse akan berada diarea iklan dan peluang iklan adsense untuk diklik menjadi lebih besar.

    4.Jangan Meminta Untuk Klik Iklan Adsense

    Mungkin anda berfikir untuk membagikan link situs anda kepada beberapa teman di facebook dan meminta mereka untuk mengklik iklan adsense anda. Karena lokasi mereka berbeda anda berfikir akan mudah untuk mengelabuhi google untuk aktivitas ini. Seolah-olah mereka itu adalah real visitoryang berkunjung dalam situs anda dan tertarik untuk mengklik iklan adsense yang terpampang. Please, jangan pernah berfikir bahwa anda lebih pintar dari google. Anda juga dilarang untuk membuat kalimat yang mempengaruhi orang lain untuk melakukan klik adsense pada area sekitar iklan seperti: klik disini, klik iklan ini, bantu saya dengan donasi, dan sebagainya. 

    5.Jangan Merubah Kode Adsense

    Adsense menyediakan javascript code untuk dipergunakan dalam widget atau halaman situs anda. Iklan adsene akan langsung ditayangkan dalam halaman situs jika iklan tersebut sudah dalam posisi aktif. Anda cukup melakukan copy paste code tersebut dan tidak perlu melakukan perubahan apapun. Jika anda memerlukan modifikasi jenis iklan, ukuran iklan, warna background dan font iklan adsense agar sesuai dengan templates situs yang anda miliki maka gunakan fitur yang telah disediakan oleh google adsense. Jika anda menggunakan blogspot untuk meletakkan iklan adsense, ada fitur dari blogger untuk menggenerate google adsense code secara otomatis untuk bagian-bagian tertentu dari blogspot.

    6.Jangan Menggunakan Bot Untuk Mengklik Iklan Adsense

    Jangan pernah menggunakan aplikasi otomatis untuk meningkatkana page view dan visitor situs anda. Apalagi menggunakan alat otomatis untuk melakukan klik pada iklan adsense anda. Mungkin anda tergoda menggunakan tool semacam fake visitor, jingling dan sejenisnya untuk meningkatkan jumlah visitor dan page view. Mungkin anda juga tergoda menggunakan browser yang dilengkapi pengganti proxy otomatis semisal tor browser untuk mengunjungi laman situs anda dan menglik iklan adsense yang terpampang. Kemudian anda merekam semua kegiatan tersebut menggunakan iMacros. Dengan bantuan iMacros  anda dapat mengulang kegiatan tersebut terus menerus secara otomatis. Apakah anda berfikir google tidak mengetahui trik anda tersebut? Sekali lagi, jangan pernah berfikir anda lebih cerdas dari google.

    7.Jangan Membuat Halaman Khusus Untuk Iklan Adsense

    Sebuah  halaman situs dikatakan sebagai halaman khusus untuk iklan adsense jika komposisi konten dari halaman tersebut didominasi oleh iklan adsense tanpa adanya konten lain yang berguna bagi pengunjung. Anda hanya diperbolehkan memasang 3 jenis ikaln text/mage dalam satu halaman. Atau anda bisa menambah dengan satu iklan berjenis link ads. Terlalu banyak memasang iklan adsense dalam sebuah halaman situs juga akan meninggalkan kesan buruk bagi pengunjung situs anda. Setiap halaman yang dipublish harus memiliki value  yang dicari oleh pengunjung situs anda.

    8. Jangan Membuat Konten Terlarang Dalam Halaman Adsense

    Google sangat memperhatikan konten situs yang memasang google adsense. Konten yang dilarang untuk dipasang google adsense adalah yang berkaitan dengan alkohol, senjata api, tembakau, minuman keras dan pembajakan hak cipta. Konten terlarang ini sangat rentan dilanggar tanpa disengaja. Bisa jadi anda sedang membahas tentang alkohol, kemudian anda membuat tulisan tentang pembuatan alkohol untuk memberikan gambaran yang jelas bagi pengunjung anda. Akan tetapi konten ini tidak sesuai dengan kebijakan google adsense. Bisa jadi anda akan mendapat peringatan untuk masalah ini. Untuk itu anda harus benar-benar memperhatikan konten dalam situs yang dipasangi google adsense.

    9.Jangan Mencurangi Google Adsense

    Bermain curang adalah kegiatan lain yang dilakukan untuk memanipulasi search engine dengan menggunakan berbagai methode dengan tujuan meningkatkan SERPs situs anda. Anda juga dianggap melakukan kecurangan jika melakukan kegiatan yang membingungkan pengunjung anda sehingga pengunjung situs tanpa sadar mengklik iklan adsense anda. Apapun bentuk kecurangan yang anda lakukan pada akhirnya akan terdeteksi oleh google. Saya yakin semua orang tidak ingin dicurangi, meski ada sebagian yang masih mau berbuat curang.

    Kesimpulan



    Terkadang anda harus merasakan akun google adsense yang dibaned permanen. Kemudian merasakan betapa sulitnya membuat akun GA setelah identitas anda masuk dalam blacklist. Sekali identitas anda terblacklist, maka anda harus menggunakan identitas baru untuk membuat akun GA. Masih berfikir untuk mencurangi Google Adsense? Atau memilih bermain aman sesuai dengan aturan main yang ditetapkan. Memahami aturan main google adsense menjadi salah satu syarat wajib yang harus diketahui jika anda ingin sukses mencari uang secara online menggunakan adsense. Memahami dasar-dasar SEO juga perlu anda kuasai agar anda mampu membuat sebuah konten yang disukaisearch engine dan juga disukai oleh visitor. Konten yang berkualitas menjadi garansi utama sukses dan gagalnya sebuah blog.