-->

Mengatasi Invalid Click Activity Pada Akun Google AdSense - Beberapa waktu lalu ada salah satu teman blogger yang bertanya mengenai akun adsense yang tiba-tiba terindeks adanya invalid click dan impresi atau penayanagan yang tidak wajar pada akun adsensenya lantas bagaimana cara mengatasinya...? baik sebelum saya jawab ada baiknya terlebih dahulu kita bahas :

Invalid Click Activity dan Impressions

Apa itu Invalid Click Activity...?

Invalid Click Activity ialah aktivitas tidak wajar yang terjadi pada akun adsense baik itu klik atau impresi/ penayangan iklan yang mungkin secara artifisial dapat merugikan advertiser/pengiklan.
Contoh dari Invalid Click Activity :
  • Publisher dengan sengaja mengklik iklannya sendiri
  • Mengajak atau mendorong orang lain untuk mengklik iklannya
  • Penggunaan tools auto click atau auto visitor
  • Dan lainnya...

Bagaimana Pihak Google Mendeteksi kegiatan tidak valid pada akun adsense anda...?


Team khusus google adsense dengan hati-hati memantau klik dan tayangan iklan yang tidak sah untuk melindungi kepentingan Anda (publisher) serta orang-orang dari pengiklan google adsense. Untuk mengantisipasi hal ini, pihak adsense menggunakan dua sistem yaitu sistem otomatis dan ulasan team khusus, dengan menganalisa semua klik iklan dan tayangan untuk setiap kegiatan klik yang tidak sah yang mungkin menyebabkan bengkaknya biaya pengiklan atau penghasilan penayang.

Teknologi milik Google menganalisa klik dan tayangan untuk menentukan apakah itu cocok dengan pola penggunaan yang mungkin menyebabkan bengkaknya biaya pengiklan atau penghasilan penayang. Sistem yang dibangun adsense menggunakan filter yang canggih untuk membedakan antara aktivitas yang dihasilkan melalui penggunaan normal oleh pengguna dan aktivitas yang dapat menimbulkan risiko bagi pengiklan adsense. Beberapa contoh kegiatan ini mencakup klik atau tayangan yang dihasilkan oleh pengguna yang tidak etis, robot otomatis dan sumber lalu lintas, serta kesengajaan publisher mendorong orang untuk mengklik iklan mereka. Sistem adsense memungkinkan pihak adsense untuk menyaring klik dan tayangan yang paling valid, dan pengiklannya tidak dikenakan biaya untuk kegiatan yang tidak valid.

Selain sistem otomatis, Pihak google adsense memiliki tim yang didedikasikan untuk mendeteksi kegiatan tidak sah menggunakan beberapa alat khusus dan berbagai teknik berdasarkan pengalaman pelacakan dan pemantauan secara ketat perilaku pengguna dan menganalisis skenario yang terjadai pada setiap akun. Pihak adsense akan terus meningkatkan mekanisme pendeteksiansecara proaktif untuk memerangi kegiatan tidak valid.

Untuk mencegah klik tidak valid pada akun Anda, memastikan bahwa pelaksanaan iklan Anda mematuhi kebijakan program google adsense, dan bahwa Anda belum membayar untuk lalu lintas dari sumber tidak bisa diandalkan. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang kegiatan tidak valid dan pelaksanaan iklan dengan membaca panduan yang terdapat pada situs resmi adsense.



Bagaimana Cara mencegah kegiatan tidak valid...?

Seperti yang kita ketahui, publisher AdSense sepenuhnya yang bertanggung jawab untuk lalu lintas pada iklan mereka. Untuk alasan ini, sangat penting bahwa Anda sebagai pemilik akun harus rajin memonitor lalu lintas iklan untuk memastikan bahwa akun Anda sesuai dengan kebijakan adsense dan tidak menimbulkan aktivitas yang tidak valid. Jika Anda melihat sesuatu yang mencurigakan setelah mengikuti beberapa tips di bawah ini, Anda dipersilakan untuk melaporkan hal ini DI SINI.

Pihak adsense mendorong para publisher untuk meninjau informasi dalam panduan pemula yang terdapat pada pusat bantuan adsense untuk kebijakan AdSense, serta kebijakan program Adsense dan Syarat dan Ketentuan. Selain itu, berikut adalah beberapa tips-tips untuk membantu Anda mencegah aktivitas yang tidak valid pada iklan Anda:

  • Memahami iklan lalu lintas dan pengunjung situs anda - Membagi laporan lalu lintas akun Anda menjadi segmen yang berarti menggunakan saluran URL, saluran kustom, atau bahkan unit iklan DFP. Ini akan membantu Anda mengukur bagaimana perubahan sumber lalu lintas atau implementasi dapat mempengaruhi lalu lintas iklan Anda. Anda juga bisa, menggunakan Google Analytics untuk mendapatkan informasi rinci tentang pengunjung situs Anda, dan waspada untuk setiap perilaku pengguna yang mencurigakan. (Dari mana pengguna anda berasal, baik secara geografis maupun di Web? Halaman mana yang mereka melihat di situs anda?).
  • Hindari bermitra dengan pihak yang tidak terpercaya / berkualitas rendah. - Beberapa publisher adsense memiliki masalah dengan aktivitas yang tidak valid ketika bermitra dengan jaringan iklan yang tidak berkualitas, mesin pencari, atau situs direktori akan berupaya untuk meningkatkan lalu lintas ke situs mereka.
  • Jangan klik iklan Anda sendiri, bahkan jika Anda berpikir itu tidak akan apa-apa untuk melakukannya. - Sekalipun Anda tertarik dalam iklan atau mencari URL tujuan, klik pada iklan Anda sendiri masih dilarang. Sebaliknya, gunakan toolbar penerbit AdSense. Perlu diingat bahwa bahkan ketika pihak adsense memfilter klik pada iklan Anda sendiri, kami tidak mengabaikan orang-orang benar-benar klik; jika muncul laporan pada pihak adsense bahwa publisher telah mengklik iklan sendiri untuk meningkatkan earning adsense anda atau biaya pengiklan/advertiser, Pihak adsense berhak  menonaktifkan akun anda demi untuk melindungi pengiklan.
  • Double-dan triple-cek implementasi unit iklan anda. - Beberapa penerbit menggunakan implementasi kustom yang mungkin memiliki konsekuensi yang tidak diinginkan pada permintaan iklan mereka. Pastikan implementasi iklan tidak memiliki kesalahan pemrograman, pastikan itu sesuai dengan kebijakan AdSense, dan uji interaksi dengan iklan di browser dan platform yang berbeda untuk memastikan bahwa semua pengguna akan berinteraksi dengan mereka seperti yang Anda harapkan.
  • Gunakan situs resmi fitur untuk mencegah penggunaan yang tidak sah dari kode iklan Anda. - Situs resmi google adsense memiliki dan memastikan bahwa akun Anda hanya akan bertambah statistik untuk iklan yang muncul di situs yang telah Anda tentukan. dan pastikan bahwa Anda telah menambahkan situs Anda dengan benar, jika tidak, sistem adsense dapat menyaring lalu lintas yang Anda miliki.
  • Konsultasikan masalah ini di Forum Bantuan AdSense dengan mengajukan pertanyaan anda hadapi. - Jika Anda memiliki pertanyaan, kemungkinan publisher lain telah mengalami masalah yang sama dengan anda, jadi bergabung dalam diskusi untuk mempelajari lebih lanjut, atau memulai sendiri. Biarkan orang lain tahu jika Anda menemui kasus atau situasi yang cenderung untuk menghasilkan aktivitas yang tidak valid.
Berikut contoh akun yang terkena Invalid Click Activity dan Impressions :

Clicks and impressions
Jika hal di atas terlanjur anda alami langsung saja laporkan hal ini pada pihak google adsense klik link di bawah ini :

Demikian artikel kali ini semoga dapat bermanfaat. sekian dan terimah kasih.