-->

Lagi-lagi saya ditanya tentang masalah pin Adsense. Setiap kali ditanya, selalu saya menjawab panjang lebar, lama-lama capek juga, hehehe….
Nah, supaya mudah, ya sudah saya tulis saja di sini, agar lain kali kalau ditanya lagi, saya bisa kasih saja link-nya kesini.
pin adsense
Iklan
Dan ini lah beberapa informasi mengenai pin Adsense yang sering ditanyakan kepada saya:
  • Setiap publisher Adsense akan menerima pin. Pin ini tujuannya untuk menverifikasi alamat rumah Anda. Pin terdiri 6 digit angka, yang akan dikirimkan melalui pos ke alamat rumah yang diberikan pada saat mengisi form pendaftaran Adsense. Jadi, pastikan alamat Anda telah ditulis dengan benar dan lengkap, untuk memastikan pin ini Anda terima.
  • Sebelum Anda menerima pin, maka seluruh pembayaran akan ditangguhkan alias Anda belum akan dibayarkan. Pihak Adsense tidak akan mengirimi Anda email atau pemberitahuan apapun tentang pin ini. Jadi sebelum benar-benar menerima pin, periksa akun Adsense Anda secara berkala.
  • Anda harus menunggu sampai saldo Adsense mencapai $10 untuk mendapatkan pin. Jadi, jika perolehan Adsense Anda belum mencapai $10, tidak perlu risau dulu mengenai pin Adsense ini.
  • Pin biasanya akan sampai dalam waktu 3 – 4 minggu sejak tanggal permintaan. Jadi, ya harus sabar. Jika yakin alamat Anda benar dan lengkap pasti akan sampai.
  • Dalam hal pin yang telah dikirimkan tidak sampai, maka Anda bisa mengajukan permintaan pin yang baru, dengan minimal jeda waktu 3 minggu sejak tanggal permintaan pin yang terakhir.
  • Google Adsense hanya mengirimkan pin sebanyak 3 kali. Jika setelah 3 kali Anda tetap tidak menerimanya, nanti akan muncul link di akun Adsense Anda yang meminta Anda untuk memverifikasi alamat dengan cara mengirimkan scan kartu identitas Anda (bisa KTP, SIM atau passport). Jika masih ada kendala, jangan ragu untuk menghubungi tim Adsense, untuk meminta petunjuk dan cara verifikasi alamat yang paling sesuai untuk Anda.
  • Jangan tertukar dengan pin Western Union. Saya katakan ini, karena ada beberapa orang yang mengatakan kepada saya, bahwa dia telah menerima kiriman pos dari Google, berisi pin, tapi dia bertanya: pin WU-nya dimana? Nah, ini berbeda. Yang dimaksud pin adalah kode untuk verifikasi alamat. Sedangkan untuk pengambilan uang di Western Union, bukan pin Adsense, melainkan MTCN (Money Transfer Control Number). MTCN ini dapat Anda lihat langsung di halaman pembayaran Adsense, jika uang telah dikirimkan pihak Adsense.
Itulah beberapa informasi yang bisa saya sampaikan berkenaan dengan masalah pin Adsense, yang mungkin belum Anda ketahui.
Jika masih ada yang kurang jelas, silakan bertanya melalui kolom komentar. Atau Anda memiliki pengalaman lain dengan masalah pin Adsense ini?
Silakan berbagi dengan memberi komentar. Semoga bermanfaat.