-->

Pagi ini saat membuka akun adsense ada sesuatu yang agak ganjil disana,yaitu jumlah estimated earning tidak sama dengan jumlah finalized earning. Saat saya melihat ke payment history ternyata ada penjelasan yang membuat dag-dig-dug yaitu invalid traffic - Adsense for content.


Karena tidak ingin terjadi hal yang buruk pada akun adsense, maka saya langsung melihat ke status akun. Setelah melihat dan meneliti dengan seksama, ternyata tidak ada pesan / pemberitahuan tentang invalid traffic. Alhamdulilah sampai hari ini akun masih aman.





Tetapi kenapa ada tulisan invalid traffic? Jangan-jangan........ ah sudahlah saya tidak ingin menduga-duga.

Sayapun bergegas mengunjungi Inside Adsense untuk mencari pencerahan. Dan alhamdulillah Justin Chu sang Adsense Product Manager membuat sebuah tulisan yang sangat mencerahkan bagi masalah saya tersebut.

Anda bisa membaca ulasanya di sini

Yang saya tangkap dari penjelasan Justin Chu adalah, perbedaan jumlah estimated earning dengan finalized earning disebabkan karena terjadinya invalid activity.

Salah satu invalid activity yang mungkin terjadi adalah anda tanpa sengaja mengklik iklan diblog anda sendiri. Jumlah klik ini akan terhitung kedalam estimated earning, tapi kemudian akan dipotong kembali oleh google sehingga pada finalized earning jumlahnya akan menjadi lebih sedikit.

Seperti akun saya diatas ada invalid activity yang bernilai $ 0,24.

Menghindari invalid activity
Google sangat ketat sekali terhadap kebijakan invalid activity. Oleh karena itu sebaiknya anda memeriksa akun adsense setiap hari, terlebih jika hasil klik dalam satu hari tidak seperti biasanya dan diluar kewajaran.

Jika anda merasa mengalami hal yang tidak wajar dengan akun adsense anda karena adanya invalid activity, sebaiknya segera membuat laporan kepada google dengan mengisi Invalid Clicks Contacts Form

Untuk menghindari terjadinya invalid activity sebaiknya anda memperhatikan hal-hal berikut:

  1. Pahami trafik iklan dan pengunjung anda - Dengan meneliti pada dashboard adsense, anda akan mengetahui informasi situs mana yang menghasilkan klik dan impression. Selanjutnya  dengan menggunakan google analytic anda bisamengetahui sumber lalu lintas yang menuju pada situs-situs tersebut. Apakah murni dari search engine atau dari lokasi yang lain.
  2. Hindari bekerja sama dengan pihak yang tidak jelas untuk menghasilkan traffic - banyak pihak yang mengklaim dapat menghasilkan traffic untuk situs anda. Biasanya pihak ini menggunakan semacam Private Blog Network, atau alat lainya untuk membanjiri situs anda denga traffic.
  3. Jangan mengklik iklan anda sendiri - meskipun anda merasa memiliki methode yang ampuh untuk melakukan hal itu.
  4. Monitoring implementasi iklan anda - apakah posisi iklan anda aman dan tidak melanggar TOS? menempatkan iklan dibawah dropdown menu, mengapit iklan gambar dengan dua gambar yg memiliki dimensi yang sama adalah beberapa implementasi yang perlu anda perbaiki. Menempatkan iklan dalam static widget/ sticky widget juga perlu diperhatikan jika ada bukan premium publisher.
  5. Otorisasi situs - Anda harus memastikan bahwa iklan anda benar-benar diletakkan pada situs yang anda kelola sendiri, hal ini untuk memastikan agar konten situs tidak melanggar TOS adsense. Untuk otorisasi situs anda bisa mengikuti panduanya di Adsense Help.
  6. Jika ada masalah, tanyakan  di Forum Adsense Help - Jika anda mengalami masalah atau memiliki pertanyaan seputar adsense sebaiknya disampaikan di Adsense Help Forum karena anda akan memperolh jawaban yang akurat dan dapat dipertanggung jawabkan.

Jagalah baik-baik akun adsense anda dengan selalu mematuhi TOS google adsense. Sekali akun anda terkena baned, maka anda tidak diizinkan ikut kembali dalam program adsense. So keep wise!