-->

Jadi sudah berapa $ penghasilan adsensemu hari ini?
Berapa banyak visitor yang mengunjungi blogmu hari ini?
Apakah mereka itu real visitor, atau hanya google crawler. Atau jangan - jangan malah hanya bot yang senang membuat sensasi dengan statistik mu?

Oh boy.. saya pun pernah merasakan pada posisi itu. Ketika blog yang ditulis susah payah tapi ternyata sepi dari pengunjung. Putus asa dan kekesalan hampir saja memuncak, bayang-bayang tehnik black hat menggoda untuk diaplikasikan. Pokoknya agar visitor banyak, yang klik iklan juga banyak!


Dari evaluasi terus menerus yang saya lakukan, ternyata banyak sekali kesalahan-kesalahan mendasar yang telah saya lakukan selama ini. Tetapi orang bijak berkata :

Seseorang yang tidak berbuat salah adalah orang yang tidak pernah mencoba sesuatu yang baru.

Belajar dari kesalahan demi kesalahan yang ada, saya mecoba memperbaiki segala sesuatunya. Mulai dari pemilihan niche yang low kompetitor, theme yang responsive, memperbaiki struktur penulisan artikel, fokus pada pembuatan artikel yang original dan sebisa mungkin berusaha memberikan "Add Value" dalam setiap posting yang saya buat. 

Dan perlahan-lahan, jumlah visitor makin bertambah, begitu pula dengan iklanya. Meski belum banyak tetapi sudah ada yang mau klik iklanya!


Kesalahan fatal bagi pemain adsense.

Dari analisa sederhana yang saya lakukan terhadap beberapa blog yang saya bangun, setidaknya ada 5 kesalahan fatal yang saya lakukan yaitu :
  • Salah Memilih Niche
  • Mengabaikan Riset Keyword
  • Plagiat
  • Money Oriented
  • Zero Investation



Memilih Niche Yang Baik

Pada awalnya saya sangat bingung untuk memilih niche/tema dari blog yang akan saya bangun. Berlari dari satu halaman forum kehalaman forum lainya. Dari satu e-book ke e-book lainya dan hanya kebingungan yang kian menjadi. 

Pertanyaan kecil berikut bisa menjadi titik awal untuk menentukan niche yang akan diambil.

Bagaimana rencana anda untuk mengisi blog nantinya?
Apakah akan membuat artikel sendiri atau membelinya? 

Jika anda berencana untuk membuat artikel sendiri pastikan anda memilih niche yang :
  • Anda memiliki keterampilan/pengetahuan tentang niche tersebut
  • Anda memiliki ketertarikan pada niche tersebut
Dengan pengetahuan yang cukup baik pada niche tersebut, anda akan lebih mudah dalam membuat artikel. Dengan ketertarikan pada niche tersebut, anda akan antusias untuk menggali pengetahuan tentang niche tersebut. 

Jika anda berniat mengisi blog anda dengan membeli artikel, pastikan anda memilih niche yang memiliki HPK tinggi. Daftar High Paying Keyword bisa anda baca disini. Sesuaikan juga kemampuan budgeting anda untuk kegiatan promosi dan hal lain yang berkenaan dengan SEO Service. 

Mengabaikan Keyword Research

Pada awalnya saya menganggap keyword research adalah pekerjaan yang membosankan, akan tetapi saya salah besar. Niche dengan HPK tinggi sudah barang tentu didominasi oleh 'monster' kelas kakap. Pikirkan kembali, apakah anda ingin benar-benar bertarung dengan mereka untuk memperebutkan peringkat 1 dihalaman SERP? Atau anda memilih jalan lain yang tidak mereka ambil. Long-tail keywordadalah peluang yang bisa anda bidik jika anda memilih niche dengan HPK tinggi. Artikel dari wordstream ini bisa memberi pehamaman yang baik tentang Long - Tail Keyword Research.



Plagiat

Plagiarisme adalah hal yang sangat menjengkelkan. Orang lain mengambil artikel anda tanpa permisi, menambahkan beberapa kalimat dan kemudian mempostingnya dihalaman blog miliknya. 

Yang lebih advance mungkin akan menggunakan article spinner untuk mendaur ulang artikel anda kemudian memposting artikel barunya trsebut kehalaman blognya. Tentu saja artikel hasil olahan jauh dari kaidah gramatikal. Mungkin search engine bisa melihatnya sebagai konten yang unik, tapi visitor akan merasa aneh saat membaca tulisan tersebut.


Sebaiknya hindari menggunakan article spinner dan mulailah membuat kontent original mulai dari sekarang.

Money oriented

Mungkin karena terlalu bersemangat untuk menambah penghasilan adsense, hingga saya pernah memasang kode adsense pada blog yang baru berisi beberapa artikel saja. Tentu saja hasilnya tidak seperti yang diharapkan. Dari trial and error yang saya lakukan ternyata blog yang tidak saya pasang kode adsense pada tahap pembuatan jauh lebih bagus hasilnya, meskipun ada beberapa faktor lain yang menjadi penunjang.

Dalam  3 bulan pertama sebaiknya blog tersebut jangan dipasang kode adsense. Anda harus lebih  fokus pada pembuatan kontent yang berkualitas, strategi backlink dan strategi SEO lainya. Tujuanya agar blog mendapat posisi yang bagus di SERP dan Adsense anda aman. Seringkali tehnik dan SEO service yang dilakukan tanpa disadari melanggar TOS Google Adsense.

Zero Investation

Entah mengapa dari dulu saya menyukai segala sesuatu yang berbau gratis meski hal tersebut kadang tidak etis. Mencari theme, tools, software, dan tutorial maunya yang gratis bahkan kalau perlu mencarinya dari forum atau blog underground. Saya terlalu sayang mengeluarkan uang untuk membeli semua itu.

Seperti bisnis pada umumnya, online bisnis juga membutuhkan investasi. Semakin besar dan jitu investasi yang dilakukan akan memperbesar peluang kesuksesan anda.

Investasikan uang anda pada hal yang pokok seperti domain name, hosting, promosi dan pembuatan konten. Jika anda memiliki budget lebih, mulai pertimbangkan untuk menggunakan jasa SEO service yang kredible dan tidak melanggar TOS dari Google Adsense.

Kesimpulan

Kesalahan akan membuat anda banyak belajar dan menjadi lebih baik dikemudian hari. Evaluasi, monitoring, analisa dan buat perbaikan-perbaikan secepatnya. Gurun emas bernama Internet masih menyediakan banyak sekali bongkahan emas dan uang yang bisa ditambang tiap harinya. Semakin pintar dan bagus peralatan untuk menambangnya akan semakin banyak juga hasil yang bisa diperoleh.